©2020 by Menghasilkan Uang. Proudly created with Wix.com

Search
  • u4ng94

Punya Jiwa Kreasi Yang Tinggi? Kerajinan Tangan Berbahan Alam Ini Bisa Dicoba Loh!

Tahukah kamu bahwa kerajinan tangan adalah salah satu jenis kerajinan seni rupa? Banyak orang beranggapan, bahwa kerajinan tangan adalah sebuah aktivitas yang hanya sekedar membuat barang barang. Padahal ngga sesimpel itu juga loh. Lantaran, kerajinan alam ini punya nilai seni yang hanya dimiliki oleh orang orang yang berkreasi tinggi sehingga disebut sebagai pekerjaan yang menghasilkan uang di internet.


Salah satu jenis kerajinan yang udah sering kita temui di masyarakat, adalah kerajinan tangan yang berasal dari bahan alam. Misalnya seperti tanah, kayu, batu, dan lain lain. Tentunya bahan ini sangatlah efektif digunakan. Karena di alam, material ini tersedia dengan cukup. Apalagi buat kita yang tinggal di Indonesia, tentu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai bahan alam ini.


Berbagai Contoh Kerajinan Tangan dari Alam



Berbagai jenis kerajinan dari bahan alam di bawah ini, bisa kamu coba jika punya jiwa kreasi yang tinggi.


1. Kerajinan alam dari bahan batu

Salah satu bahan kerajinan ini adalah bahan yang sangat mudah kamu temui. Bahkan ada banyak kreasi unik loh yang biasa kita jumpai dari berbahan batu. Misalnya aja kayak pahatan patung, cobek atau ulek, hiasan dinding dan lain lain. Batu yang digunakan pun juga berbeda, seperti untuk hiasan dinding kamu bisa menggunakan batu batu kecil.


2. Kerajinan berbahan tanah liat

Nah, untuk bahan yang satu ini mudah banget loh kamu temui. Apalagi jika kamu tinggal di pedesaan, tinggal mengeruk deh. Kerajinan alam dari bahan tanah liat ini biasa dibuat berdasarkan fungsi kegunaannya. Fungsi penggunaan kerajinan tanah liat sering kita jumpai dalam berbagai bentuk, seperti gerabah, keramik, dan juga teko ataupun poci.

Gerabah ini terbuat dari tanah liat yang dibuat dengan menggunakan alat untuk teknik penghalusan. Sebagai bentuk karya seni, pembuatan kerajinan ini juga sering digunakan untuk pembelajaran karya seni rupa loh. Sementara untuk keramik, kamu akan menemukannya dalam bentuk seperti vas atau guci, dan juga keramik lantai. Kamu tentu udah familiar kan dengan kerajinan keramik lantai ini?

Kerajinan tanah liat berupa teko atau poci ini, mungkin udah jarang banget nih kamu jumpai. Lantaran masyarakat lebih memilih memanfaatkan barang barang plastik.


3. Kerajinan alam berbahan serat alami

Kerajinan dari bahan serat alami ini berasal dari tanaman berserat, yang biasa dibentuk dengan menerapkan teknik anyaman. Contoh tanaman yang sering digunakan seperti eceng gondok, pelepah pisang, daun pandan, dan juga daun kelapa. Pemanfaatan berbagai kerajinan ini bisa digunakan berdasarkan fungsi kegunaan dan nilai estetikanya loh.

Misalnya kerajinan dari eceng gondok, bisa dimanfaatkan kegunaannya untuk membuat tempat penyimpanan barang kecil, tas, sandal, bahkan hingga furniture loh. Disamping itu, menggunakan eceng gondok juga bisa membantu mengurangi gulma dari tanaman ini.


4. Kerajinan alam sabut alami

Sering membuang sabut kelapa dan kulit jagung sebagai sisa olahan dapur? Perlu kamu tahu, kedua bahan ini ternyata juga punya nilai seni loh untuk diolah menjadi berbagai bentuk kerajinan. Misalnya aja seperti keset dari bahan sabut.


5. Kerajinan kayu

Selama ini mungkin yang kita tahu kayu hanya digunakan sebagai bahan untuk atap rumah, jendela maupun pintu. Padahal lebih dari itu loh, lantaran ada banyak kerajinan kayu yang bahkan sangat bernilai tinggi. Tentu saja, hal ini juga dipengaruhi jenis pohon yang digunakan. Teknik pembuatan kerajinan kayu juga beragam, contohnya seperti teknik sambung, ukir, pahat, bubut, dan sebagainya.


6. Kerajinan bambu

Kerajinan bambu yang begitu fungsional ini biasanya dibuat dengan teknik anyam. Beragam hasil kerajinan anyaman bambu ini misalnya tudung saji, sekat ruangan atau pintu anyam, dll.


Pengen mencoba salah satu kerajinan alam di atas biar kamu makin produktif? Siapa tahu saja hasil kerajinan tanganmu tersebut bisa menghasilkan pundi pundi uang yang lumayan. Ngga ada salahnya kan buat mencoba?

3 views
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now